banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 24 Juni 2019

Permudah Urusan Orang


Beberapa kali saya / team kantor mengurus berkas dan perijinan usaha kerap mendapat kesulitan. Lebih tepatnya dipersulit dengan segala macam alasannya.

.

Rasanya bikin darah naik, bingung, gemes, kesal, dll. Mau marah tidak bisa secara kita ada kepentingan dengannya. Ada yang pernah merasakan?

.

Sebenarnya apa sih alasan orang mempersulit urusan orang lain? Ada yang memang karena alasan uang, ina itu ini itu  muter-muter ternyata UUD (Ujung-Ujungnya Duit).

.

Ada juga yang merasa hebat karena miliki kuasa, akhirnya muncul “kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah?” Alasannya memang cenderung untuk kepuasan batinnya saja. Ntah apa maksudnya, mungkin memang jiwanya yang agak sakit sehingga dengki, iri dan tak ingin orang lain maju berkembang.

.

Ada juga karena kesempatan untuk meminta sesuatu (untuk kepentingannya) yang sebelumnya tidak pernah dipermasalahkan. Mirip-mirip yang UUD hanya bentuknya lain, prinsipnya tetap sama ambil kesempatan dalam kesempitan.

.

Apapun itu dampak perbuatan para oknum ini membuat timbul banyak kerusakan. Karenanya perbuatan mempersulit ini dilarang oleh Allah SWT. Disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

.

“Barang siapa yang menyulitkan (orang lain) maka Allah akan mempersulitnya para hari kiamat” (HR Al-Bukhari no 7152)

.

“Barangsiapa yang memberi kemudharatan kepada seorang muslim, maka Allah akan memberi kemudharatan kepadanya, barangsiapa yang merepotkan (menyusahkan) seorang muslim maka Allah akan menyusahkan dia."

(Hadits riwayat Abu Dawud nomor 3635, At Tirmidzi nomor 1940)

.

“Wahai orang-orang yang beriman dengan lisannya akan tetapi iman belum masuk kedalam hatinya, janganlah kalian mengghibahi kaum muslimin, dan janganlah pula mencai-cari aib mereka, sesungguhnya barang siapa yang mencari-cari aib saudaranya sesama muslim maka Allah akan mencari-cari kesalahannya, dan barangsiapa yang Allah mencari-cari kesalahannya maka Allah akan mempermalukannya meskipun ia berada di dalam rumahnya” (HR Abu Dawud no 4880)

.

Permudah urusan orang lain jika tidak ingin dipersulit dikehidupan nanti.

Salam Sukses Berkah Berlimpah! #yukhijrahbisnis #motivasiislami #quotesagungns

Tidak ada komentar:

Posting Komentar