banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Jumat, 14 Juni 2019

Ukhuwah


Ukhuwah dimaknai ikatan persaudaraan. Secara luas Ikatan bisa muncul karena ikatan darah, persamaan daerah /suku, persamaan bahasa, atau akhir-akhir ini yang sedang ‘panas’ adalah ikatan karena pilihan politik.

.

.

Namun ikatan yang saya sebut diatas sifatnya rapuh karena pondasinya lemah mudah sekali dicerai beraikan.  Lalu ikatan apa yang hakiki ?

.

Tidak ada ikatan yang benar (haq) kecuali ikatan yang berdasarkan aqidah Islam yaitu Ukhuwah Islamiyah. ‘’Orang Mukmin itu bagaikan satu jasad, atau bagaikan bangunan yang saling mengukuhkan,’’ sabda Nabi SAW dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

.

Konsekuensi akidah Islam adalah KETAATAN kepada hukum Allah (Syariat). Sabda beliau “Demi Allah, sungguh jika Fatimah binti Muhammad mencuri, aku sendiri yang akan memotong tangannya’” (HR. Bukhari no. 6788 dan Muslim no. 1688).

.

Menunjukkan bahkan ikatan darah tidak ada pengecualian dihadapan penegakkan hukum Allah, yaitu bukan dengan mengikuti hawa nafsu. Rasulullah bersumpah, jika Fatimah binti Muhammad mencuri –dan Fatimah tentu lebih mulia secara nasab dibandingkan dengan wanita bani Makhzum (klan suku Quraisy) karena Fatimah adalah pemimpin para wanita di surga- maka rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri yang akan memotong tangannya.

.

Dengan demikian WAJIB bagi muslim kedepankan ikatan akidah Islam, dahulukan persamaan ketimbang perbedaan, jangan mau dipecah belah. Walau demikian tetap wajib ber-amar maruf nahi mungkar karena ini juga perintah Allah SWT supaya saudaranya tidak salah jalan.

.

Sejatinya ukhuwah itu ibarat simpul tali pendaki gunung yang KUAT mengangkat beban berat, namun juga mudah DIURAI (saling pengertian). Sifat demikian penting untuk hadapi tantangan zaman yang penuh cobaan.

.

Bersama menguatkan menuju jannah, bukan melemahkan dengan kebencian yang membawa ke Neraka.

.

Salam Sukses Berkah Berlimpah! #motivasiislami #yukhijrahbisnis #quotesagungns #suksesduniaakhirat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar