banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 06 Juli 2022

Merangkul Disrupsi

Yang terjadi pada perusahaan disruptif :

1.mereka melihat melampaui pelanggan lama untuk mencari pelanggan yang mungkin tertarik pada teknologi disruptif. 

2. mereka menciptakan unit kecil yang mandiri untuk mengejar pasar ini, unit yang dipersiapkan untuk gagal pada awalnya dalam upaya mencari pelanggan teknologi disruptif


Awal kegagalan itu biasa


Dalam buku The Innovator’a Dilemma karya Clayton Christensen, sebuah buku yang sering masuk daftar 5 buku bisnis terlaris selama 30 tahun terakhir dikatakan bahwa :


Perusahaan Apple meluncurkan komputer genggam pertama bernama Newton namun tidak begitu banyak peminat hanya terjual 140.000 unit pada dua tahun pertama setelah peluncuran.


 Apple mencoba meluncurkan sebuah produk pasar massal di pasar yang masih marginal (masih kecil peminatnya). Pelajarannya pasar kecil tidak bisa memenuhi persyaratan pertumbuhan jangka pendek dari organisasi besar, namun seandainya saat itu Apple melalaikan teknologi komputer genggam sepenuhnya, Apple tidak akan pernah siap untuk kesuksesan iPhone.


Karena beberapa tahun setelah Newton, apple meluncurkan iphone yang akhirnya mengalami kesuksesan luar biasa hingga sekarang.


“Menciptakan pasar baru memiliki resiko yang lebih kecil dan lebih bermanfaat daripada memasuki pasar yang mapan dan menghadapi persaingan ketat. “ Clayton christensen (profesor harvard bisnis school)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar