banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 01 Juli 2019

Hidup bahagia dengan berbagi



Sudah sering kita dengar bahwa banyak memberi / sedekah maka ganjarannya kebaikan yang berlipat ganda. Seorang muslim mendapat balasan kebaikannya bisa di dunia/diakhirat/keduanya. Demikian janji Allah SWT kepada hamba-Nya. .


Untuk dipahami bahwa Sedekah tidak hanya berupa harta, “Setiap kebaikan adalah sedekah.” (HR. Bukhari) .


Menariknya ganjaran kebaikan ini bersifat universal, merupakan bagian dari sunatullah kepada seluruh manusia. .


Banyak peneliti barat meneliti tentang dampak baik perilaku kebaikan/berbagi, diantaranya : .


Menurut penelitan Dr. Elizabeth Dunn di the University of British Columbia bahwa uang bisa membeli kebahagiaan selama anda menghabiskannya untuk orang lain. .


Penelitian Stephanie Post yang dimuat dalam bukunya, Why Good Things Happen To Good People, yang menyatakan bahwa berbagi dengan sesama dapat meningkatkan kesehatan penderita penyakit kronis. .


Menurut penelitian yang disampaikan buku karya Peter Bregman berjudul Four Seconds, bahwa memberi kepada orang lain membuat kita lebih bahagia daripada mengambil sesuatu untuk diri sendiri. .


Terlebih bagi seorang muslim, tanpa harus dibuktikan penelitian sekalipun YAKIN bahwa setiap firman Allah SWT adalah kebenaran.

.


Bila ingin hidup berkah bahagia maka Perbanyaklah berbagi, yakin setiap kebaikan yang diberikan PASTI kan berbalas baik dalam hidup. 

.

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (Al Baqarah : 274) 

.

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun. “ (Al Baqarah :263) 


- Agung Nugroho Susanto - 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar