banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Minggu, 14 Juli 2019

Hidup di “backing” Allah SWT



Dalam buku pertama yang saya tulis, dijelaskan supaya bisnis di “backing” Allah SWT itu prinsipnya ada 3 :
1. Tujuannya untuk keridhoan Allah SWT.
2. Dijalankan sesuai syariat.
3. Menjalankan sunatullah secara maksimal.
.
Serta tambahan satu lagi bertawakal sebelum, ketika, dan sesudah ikhtiar. Allah dulu, Allah lagi, Allah terus totalitas berserah kepada Allah SWT setiap saat.
.
Prinsip tersebut berlaku universal, terkait segala bidang kehidupan. Ingin sukses berkarier, sukses pendidikan, sukses rumah tangga, dll dll.
.
Tinggal di cek saja mana yang harus dibenahi. Cek apakah tujuan kita sudah benar, salah menetapkan tujuan bisa salah orientasinya. Tujuan disini juga bagian dari doa, pastikan doanya hanya untuk keridhoan Allah SWT. 
.
Lalu benarkah semua sudah sesuai syariat, cek satu persatu terkait yang kita kerjakan selama ini dari sisi fikih. Jangan-jangan tanpa sadar merupakan hal yang diharamkan tapi kita tidak paham karena kurang ilmu.
.
Lalu sudahkah kita menjalankan sunatullah secara maksimal? Misal sunatullahnya bisnis diketahui banyak orang ya ada marketing. Berusaha maksimal tidak berdiam diri juga merupakan perintah Allah SWT. 
.
“Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar Ra’du: 11)
.

Demikian supaya kehidupan kita selalu “dibacking Allah SWT”. Walau tetap hasil akhir kembali kepada-Nya, setidaknya kita sudah ikhtiar maksimal sesuai tuntunan-Nya. Sehingga menerima setiap Ketetapan-Nya dengan kepasrahan maksimal, yakin merupakan yang terbaik.
.
Salam Sukses Berkah Berlimpah!
- Agung Nugroho Susanto -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar