banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 31 Agustus 2020

Meledakkan omset Bisnis

 

MELEDAKKAN OMSET DI BISNIS YANG PENUH SESAK

umumnya Pebisnis menghindari bisnis yang penuh sesak dengan banyak pemain. ⁣Namun sebagai pebisnis visioner justru harus berpikir sebaliknya.Justru disana ada peluang besar. Simak penjelasannya.

Apa Artinya pasar penuh sesak ? Artinya ada demand disana, Pasar sudah pada Fase Dewasa (Maturity). Pada fase ini penjualan sudah stabil, namun seperti pepatah ada gula ada semut. Makin banyak kompetitor, persaingan semakin ketat.

Ini juga pernah saya alami Awalnya Simply Fresh sebagai Pelopor Laundry Kiloan di Indonesia mengalami Fase Perkenalan yaitu mengedukasi masyarakat konsep cuci yang ditimbang berat (kiloan), hingga akhirnya Simply Fresh sering diliput media nasional. Lalu masuk Fase Growth dengan terus berkembang hingga buka di 100 kota dari Aceh sampai Papua. Kemudian ke Fase Dewasa yang diikuti dengan banyak kompetitor. Namun kami melakukan terobosan.

Sstt.. Ini dia Rahasianya

"Bersaing menjadi terbaik, MUTLAK merupakan pemikiran yang KELIRU tentang persaingan, yang akan berakhir pada keuntungan yang BIASA-BIASA saja!”

-Michael Porter-

Lho !!?? bukannya untuk sukses bisnis harus menjadi yang TERBAIK supaya menang persaingan ??

Jangan-jangan pernyataan Porter ini asal tanpa dasar yang kuat! Layak tidak untuk dijadikan suatu landasan strategi?

Sebelum saya jawab, Michael Porter ini seorang pakar manajemen dan Profesor dari Harvard Business School dan juga pemilik Mark Kramer Foundation Strategy Group.

Yang dimaksud terbaik disini adalah TERBAIK di segala hal dibanding kompetitor.

 Padahal untuk menjadi terbaik di segala hal maka paling tidak berdampak pada dua hal yaitu :

1. Biaya Naik >> Diakibatkan cost untuk memberikan pelayanan yang full service membutuhkan biaya yang tinggi. Seperti ketika naik pesawat low cost tentu beda layanannya dengan pesawat yang full service bukan ?

2. Harga Jual Turun >> Karena ingin terbaik/menang di harga jual, akibatnya harga dibuat semurah mungkin. Contoh kasus misal pada pesawat dengan layanan full service, diberikan makanan, tempat duduk longgar, pesawat mahal NAMUN maskapai tersebut tetapkan harga murah bersaing dengan maskapai low cost.

AKIBATNYA APA ? Ketika Biaya Naik dan Harga Jual Turun yang terjadi adalah pendapatan menurun yang berujung pada PROFIT yang MENURUN.

SOLUSINYA ? ibarat anda seorang atlit spesialis lari jarak panjang (marathon), namun anda malah memutuskan bersaing di lari sprint 100 meter yang bukan kelebihan anda. Seharusnya anda fokus di kelebihan/keunggulan yang anda miliki, sehingga persaingan menjadi tidak relevan. Yaitu konsumen tidak membandingkan anda dengan usaha sejenis karena sejatinya berbeda.

Temukan Hal ini !

"Strategi bersaing berarti memilih jalan yang BERBEDA dibandingkan yang lain. Organisasi harus bersaing menjadi UNIK” -Michael Porter--Michael Porter- 

Fokusnya adalah MENCIPTAKAN “SUPERIOR VALUE” pada kelompok konsumen yang dipilih! 

Bukan pada meniru atau menyamai pesaing. Nah ini baru landasannya. 

  • Bagaimana temukan produk unggulan?
  • Bagaimana atasi per-saingan ?
  • Bagaimana proses validasi strategi ?
  • Bagaimana bangun brand yang dipuja?


Dan berbagai teknis praktis lainnya yang membuat Outlet Simply Fresh omsetnya naik 100 %Temukan jawabannya di webinar saya!Akan saya bongkar untuk anda yang mau sukses !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar