banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 10 April 2017

Kebiasaan Sukses #1

Dalam buku The 7 Habits Of Highly Effective Teens karya Sean Covey, ada 7 kebiasaan yang bisa kita biasakan agar bisa menjadi orang yang sukses. Kebiasaan akan mempengaruhi hidup kita, 
Kebiasaan #1 Jadilah Proaktif
Kebiasaan 1, Jadilah Proaktif adalah kunci untuk membuka kebiasaan yang lain. Kebiasaan 1 membahas bahwa kita lah sumber motivasi menuju kesuksesan kita masing - masing.kita yang mengemudikan kemana kita akan pergi. Kita yang bertanggung jawab atas kebahagian atau ketidakberhasilan kita masing masing.
Bersikap proaktif adalah bagaimana kita menentukan sikap kita terhadap segala hal yang terjadi di sekitar kita. Kita manusia memiliki akal untuk memilih untuk bersikap negatif (reaktif) atau sebaliknya bersikap positif (proaktif) terhadap keadaan sekeliling kita. Bersikap proaktif adalah cara bagaimana kita mengendalikan hidup kita, bukan malah hidup kita yang mengendalikan sikap kita.
Cara untuk memahami bahwa kita bersikap proaktif yaitu dengan kita membandingkan dengan sifat reaktif.
Dari sana, kita pasti akan memahami apa yang seharusnya kita lakukan. Kita bisa memilih pilihan reaktif dan membiarkan perasaan kita kacau. Atau bisa bersikap proaktif dan melanjutkan hidup kita tanpa perasaan yang kacau akibat sikap reaktif kita. Dengan bersikap proaktif kita telah mengendalikan hidup kita dengan bersikap sesuai dengan hati nurani kita.
Banyak manfaat bersikap proaktif, antara lain :
1. Tidak lekas tersinggung.
2. Bertanggungjawab terhadap pilihannya sendiri.
3. Berpikir sebelum bertindak.
4. Cepat pulih kalau terjadi sesuatu yang buruk.
5. Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana.
6. Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah, bukan malah mengkhawatirkan hal yang tidak bisa diubah.
Inti dari sikap proaktif adalah dua hal, yaitu kita bertanggungjawab terhadap hidup kita, dan bersikap “aku bisa”. Hal ini sesuai dengan kalimat “orang-orang yang berprestasi jarang duduk-duduk menantikan segalanya terjadi pada mereka. Mereka berbuat dan menjadikan semuanya terjadi. Orang-orang yang berhasil dalam dunia ini adalah orang-orang yang bangkit dan mencari keadaan yang mereka inginkan, dan apabila tidak menemukan keadaan tersebut, mereka akan menciptakannya.”
---
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,
أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى
“Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku” (Muttafaqun ‘alaih). Hadits ini mengajarkan bagaimana seorang muslim harus huznuzhon pada Allah dan memiliki sikap roja‘ (harap) pada-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar