banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Sabtu, 29 April 2017

Wasilah Keharaman Bisnis

Jangan Sampai Jadi Wasilah Keharaman
Wasilah adalah apa saja yang digunakan untuk mendekatkan sesuatu pada sesuatu yang lain, atau apa saja yang dapat memudahkan sampainya sesuatu kepada sesuatu yang lain. Wasilah dapat berupa benda yang hukum asalnya mubah, atau perbuatan yang dibolehkan syariah. Namun, jika wasilah itu menimbulkan perkara yang Allah haramkan, maka wasilah itu menjadi haram dipakai atau dilakukan. 
Kaidah syariah menyatakan:
الْوَسِيْلَةُ إِلَى الْحَرَامِ حَرِامٌWasilah (sarana) yang menghantarkan pada yang haram hukumnya adalah haram.
Wasilah yang haram adalah wasilah yang diduga kuat akan menghantarkan pada sesuatu yang haram; jika tidak, maka ia tetap mubah.
Dalam bisnis banyak hal-hal yang perlu diperhatikan agar jangan sampai bisnis kita menjadi wasilah kepada keharaman.
Contohnya saat berpromosi untuk hati-hati tidak menampilkan foto-foto yang menampakkan aurat. Karena ini bisa menjadi wasilah keharaman yaitu ketika ada yang melihatnya.
Contoh lain seperti tema-tema komunikasi promosi yang mengkampanyekan gaya hidup/ ajaran yang bertentangan dengan Islam seperti hari-hari perayaan dan sebagainya.
Sebagai muslimpreneur harus sangat perhatikan hal-hal yang dapat mengantarkan kepada wasilah menuju keharaman. Jangan hanya karena ikuti trend atau euforia semata lalu ikut-ikutan berpromosi/posting yang dilarang agama. 
Tantangannya kemudian bagi muslimpreneur yang mendelegasikan bisnisnya kepada karyawan, kadang dapati staff/team yang tidak sevisi dengan semangat menjalankan bisnis sesuai syariat. Belum lagi kadang bisa jadi staff kita lupa, sehingga tetap diperlukan kontrol rutin.
Tentang kesamaan visi dibutuhkan proses alignment sejak mulai proses perekrutan hingga ketika menjalankan bisnis terus samakan tujuan dan tanamkan nilai-nilai membangun bisnis sesuai syariat Islam.
Contoh Wasilah keharaman yang lain yaitu dalam pengaturan pergaulan di kantor/tempat kerja, harus diatur interaksi pergaulan antara pria dan wanita.
Dan berbagai hal lainnya yang kesemuanya sebagai muslimpreneur harus anda pelajari dan terapkan.
Semoga bermanfaat SALAM SUKSES BERKAH BERLIMPAH!
Silahkan share supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar