banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 10 April 2017

Kebiasaan Sukses #3

Habits #3 Dahulukan yang Utama (The 7 Habits Of Highly Effective Teens karya Sean Covey)
Kebiasaan 3 : Dahulukan yang Utama adalah soal belajar menentukan prioritas dan mengatur waktumu sehingga yang penting didahulukan, buka ditunda. Tapi kebiasaan ini lebih dari sekedar mengatur waktu, melainkan juga soal belajar mengatasi ketakutan dan bertahan di saat yang sulit.
Kita punya sederet sasaran serta niat baik, tetapi untuk melaksanakan dan mendahulukannya sangat sulit. Karena itu kebiasaan 3 memerlukan daya kemauan(kekuatan untuk mengatakan ya kepada hal-hal yang paling penting bagimu) dan daya menolak (kekuatan untuk mengatakan tidak kepada hal-hal yang kurang penting dan terhadap tekanan sesama).
Ketika mengepak koper, kita akan menemukan bahwa masih banyak yang bisa kita masukkan asal ditata dengan rapi ketimbang dimasukan dengan sembarangan. Begitu pula dengan hidup, ketika ditata dengan baik, kita akan menemukan bahwa akan lebih banyak waktu untuk keluarga, teman, dan lain-lain. 
Untuk memulai, sebaiknya kamu membuat agenda. Pertama buatlah rencana mingguan, karena rentang waktunya pas. Ada 3 langkah yang perlu dilakukan :
1. Rencanakan “batu besar”-mu, yaitu hal-hal penting yang akan kamu lakukan. Jangan terlalu banyak, fokuskan hal yang dapat kamu selesaikan, realistis dan susun agar tidak lebih dari sepuluh atau lima belas.
2. Jadwalkan waktu untuk “batu besar” tersebut. Hal ini penting karena apabila kamu tidak menjadwalkannya, ada kemungkinan waktumu tersita pada hal-hal yang lain yang kurang penting.
3. Jadwalkan segala hal lainnya. Setelah batu besar terjadwal, jadwalkan hal lain yang kamu inginkan.
Apabila sudah selesai, laksanakan, dan mungkin kamu juga perlu sekali-sekali menyusun kembali agenda itu agar lebih terarah.
Kebiasaan 3 selanjutnya adalah mengatasi ketakutan dan tekanan sesama. Seseorang memiliki wilayah aman yang seringkali sulit untuk ditinggalkan. Wilayah aman itu bebas risiko, mudah dan tidak membutuhkan upaya ekstra. Sebaliknya, ada wilayah berani yang mencakup petualangan, risiko dan tantangan. Segala yang membuatmu tidak nyaman ada di sini. Dengan memasuki wilayah berani kita, hidup tidak akan membosankan, dan kita mendapatkan pengalaman baru. Apabila kita tidak pernah masuk ke dalam wilayah ini, suatu saat ketakutan kita akan membuat keputusan untuk kita. 
Dalam memasuki wilayah berani ini, bukan orang lain yang harus kamu perhatikan, akan tetapi kamu harus menaklukan dirimu sendiri dan mencapai keberanian yang kamu perlukan. Jangan pedulikan orang lain, yang penting kamu telah berhasil menaklukan dirimu sendiri. Yang terpenting adalah “Menang itu tidak lebih dari bangkit lagi setiap kamu gagal”.
Pujangga Robert Frost menulis, “Ada dua jalan di hutan, dan aku pilih jalan yang lebih jarang dilalui orang, dan itulah yang membuat perbedaan”. Dalam menghadapi tekanan negatif sesamamu yang menyuruhmu melakukan hal yang tidak kamu inginkan, kamu harus mengeluarkan seluruh keberanianmu. Kamu harus berani mengambil sikap untuk menolaknya. Akan tetapi tidak semua tekanan itu buruk, karena apabila kamu mendapatkan tekanan positif dari temanmu, kamu malah harus mengikutinya untuk menjadi lebih baik.
Mendahulukan hal-hal yang utama ini membutuhkan disiplin, disiplin untuk mengatur waktu, disiplin untuk mengatasi ketakutanmu, disiplin untuk menguatkan hatimu di saat-saat sulit dan menolak tekanan sesama. Menjadi orang sukses tidaklah mudah, karena kamu perlu menjalani hal-hal yang mungkin kamu benci. Apakah kamu pikir pemain piano menikmati latihan selama berjam-jam, atau seorang juara kelas senang belajar sampai larut malam agar dapat nilai yang bagus? Semua hal yang ingin kita capai memiliki harga masing-masing, karena itu hitunglah harganya sebelum kamu melakukannya.
--
Dalam sebuah hadits disebutkan :“ Dua nikmat Allah yang kebanyakan manusia sering lalai di dalamnya : kesehatan dan kesempatan (waktu luang)…HR. Al Bukhari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar