banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 04 Maret 2019

Visi yang menguatkan


Perasaan dan emosi yang muncul pada diri Anda tidak terjadi begitu saja. Hal tersebut dipengaruhi oleh reaksi kimia yang ada di tubuh. Reaksi inilah yang bertanggung jawab terhadap perasaan positif/ negatif.


Salah satu reaksi kimia yang dihasilkan adalah hormon Dopamin. Dopamin adalah hormon kesenangan yang dilepaskan ketika Anda berusaha mencapai tujuan. Hormon ini memotivasi Anda untuk bekerja keras mencapai tujuan tersebut. Inilah hormon yang membuat Anda waspada dan fokus akan suatu hal.


Salah satu Cara untuk meningkatkan kadar dopamin Anda yaitu Dengan menetapkan suatu TUJUAN/VISI.

.

Kemampuan menentukan tujuan inilah yang berperan sejauh mana kekuatan yg dihasilkan. Semakin hakiki tujuan semakin dahsyat dampaknya.


Manusia yang cerdas menurut imam ghazali adalah yang berpikir jangka panjang,segala perilakunya dpkirkan untuk dampak jangka panjang.

.

Pada pokoknya manusia berperilaku didasarkan atas kemanfaatan jangka pendek, jangka panjang, dan jangka panjang sekali

.

Kebanyakan manusia berperilaku atas dampak jangka pendek,yaitu yang dapat terindera,dapat dilihat, dirasakan,& dinikmati segera. 

.

inilah orang-orang pragmatis yang hanya berpikir pendek,ingin yang instan tidak mau bersusah payah, halalkan segala cara asal dapat yang diinginkan.

.

Level kedua yang bertindak atas dampak jangka panjang, mereka orang2 yang sukses hidup didunia, mereka mau bersusah payah berjuang, pemikirannya jauh kedepan,namun hanya sebatas untuk tujuan dunia,terkadang juga tidak begitu peduli untuk urusan akhirat,masih setengah-setengah.

.

Dia ibadah,sedekah, belajar agama namun hanya sebatas untuk tujuan dunia,masih belum benar-benar menjalankan syariat  secara utuh.

.

Tipe terakhir adalah yang berperilaku atas dasar dampak jangka panjang sekali (akhirat),ini mereka yang bisa mencapai kesuksesan dunia & akhirat. Semua perilakunya didasarkan pada Al-Quran & Hadits,sangat hati-hati berperilaku karena memikirkan dampaknya jauh sampai dihisab kelak

.

Apabila dihadapkan keuntungan jangka pendek terkait kepuasan hati/jabatan/uang bermilyar rupiah pun tak akan mau menerimanya apabila hal yang dilarang Allah. Karena tujuan hidupnya untuk meraih ridho Allah semata,semua dilakukan sebagai ketaatan kepada Allah.

.

"Barangsiapa yang urusan akhirat adalah pusat perhatiannya, Allah letakkan kekayaan dalam hatinya, urusannya menjadi bersatu & rezeki dunia akan menjadi lapang dan sedang orang yang pusat perhatian urusan dunia, Allah letakkan kemiskinan di pelupuk matanya,urusannya tercerai berai & rezekinya menjadi sempit” (HR. Tirmidzi)

.

Tipe ketiga ini dalam berperilaku pertama lihat dulu dampak jangka panjang sekali (akhirat),baru jangka panjang & terakhir jangka pendek.

.

Visi mereka besar atas dasar dalil,inilah yang munculkan generasi hebat di zaman sahabat,merubah peta dunia dalam waktu singkat


Itulah kenapa Imam Gozali bilang semakin panjang berpikirnya,semakin cerdaslah orang itu. Berpikir melampaui rata-rata kebanyakan.

Sebaliknya orang yang berpikir pendek sebagai orang bodoh,karena ia dikalahkan hawa nafsunya. 


Salam Sukses Berkah Berlimpah!

Agung Nugroho Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar