banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 02 Januari 2017

Cara Membangun Great Team #1

CARA MEMBANGUN TEAM YANG HEBAT #1

Bayangkan anda kini memiliki team/karyawan hebat yang inisiatif, aktif, peduli, positif, serta perform target-target bisa tercapai. Tentu bisnis menjadi lebih menyenangkan, bisa fokus pada hal-hal lain dan tidak diribetkan urusan SDM yg memusingkan.
Supaya mendapatkan Team yang HEBAT tidak hanya tergantung dari person yang berpotensi namun juga harus didukung dengan sistem internal bisnis anda. Merupakan dua bagian dari satu keping mata uang yang harus seiring sejalan.
Diawali dari proses recruitment yang TEPAT. Proses yang salah bisa menghasilkan turn over karyawan yang tinggi, berdampak pada sistem tidak berjalan dengan optimal, serta yang sangat berharga yaitu kerugian waktu, padahal kesuksan bisnis ditentukan juga oleh kecepatan eksekusi.
Jika dirumuskan secara sederhana untuk membangun team yang hebat :
1. Sumber pelamar kerja harus tepat.
2.Pola perekrutan : mulai dari screening lamaran, test IQ dan DISC, test Skill, Group Interview, dan one on one.
3.Rule of The Game : aturan perusahaan, KPI,KVI, code of honor,reward punishment,strong leadership.
4. Alignment : penselarasan nilai budaya perusahaan kepada team
Point pertama tentang sumber pelamar yang tepat, salah satu rahasianya yaitu dengan sistem REFERENSI dari orang yang perform. Kenapa sistem referensi ini cukup efektif? 
Secara psikologis orang akan suka bergaul dengan orang yang setipe dengannya. Orang yang positif akan senang bergaul dengan orang yang positif. Penggosip senang bergaul juga dengan yang suka bergosip. Begitu juga seorang yang pekerja keras, positif, semangat, aktif, inisiatif akan bergaul dengan yang setipe dengannya. Dia pun akan mereferensikan yang menurut dia baik sesuai standar diri.
Kenyataan ini telah dipaparkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
"Seorang mukmin cerminan dari saudaranya yang mukmin" [HR Bukhari]
Sekarang tugas anda mencari diantara teman atau pegawai sekiranya yang memiliki karakter baik , yaitu dari sisi perilaku, semangat, komitmen. Saya sering menemui perilakunya baik namun dari sisi performa tidak mendukung, target kerja harian tidak tercapai.
Memang tidak mudah menemukan orang yang tepat apalagi di zaman sekuler saat ini. Yang menganggap urusan agama itu hanya seputar ibadah di masjid, diluar itu bebas memilih cara apa. Padahal Islam itu sempurna apalagi untuk urusan muamalah, ada aturannya. Jadi anda pun harus menaikkan level ilmu tentang fikih bisnis supaya bisa diterapkan di organisasi anda. Sulit bukan berarti tidak mungkin.
DHUARR!! Kini saatnya anda ACTION mulai scanning orang-orang disekitar anda. Namun materi yang saya beri ini masih harus didukung dengan materi selanjutnya.
Jadi nantikan rahasia membangun GREAT TEAM selanjutnya!
Supaya banyak yang mendapat manfaat silahkan share materi ini dan ajak teman-teman bergabung ke dalam group ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar