banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Senin, 02 Januari 2017

Untuk dapat Diatur harus bisa Diukur


Segala sesuatu yang tidak dapat diukur maka tidak dapat diatur, demikian salah satu kaidah manajemen di bisnis / perusahaan.
Contohnya anda perintahkan team sales untuk lakukan kegiatan canvasing, tanpa ukuran target yang jelas tentu anda kesulitan tentukan seberapa efektif kegiatan yang sudah dijalankan.
Begitu juga untuk putuskan strategi yang tepat maka dibutuhkan data di setiap laporan. Bila tidak hasilnya hanya berupa asumsi/kira-kira yang tidak valid.
Mulai sekarang anda harus tetapkan target kepada seluruh team, baik target harian sampai target bulanan. Hasil akhir dicatat dalam Key Performance Indicator (KPI) yang juga berguna untuk grade karier, serta sistem bonus.
Selain KPI perlu juga pengukuran value perusahaan, untuk ukurannya terkait sejauh mana culture perusahaan dijalankan. Biasa disebut Key Value Indicator (KVI). Karena perusahaan kami berbasis syariah.Maka nilai-nilai spiritual company pun dinilai.
Ternyata kaidah sesuatu yang tidak dapat diukur maka tidak dapat diatur ini juga pas untuk diterapkan dalam kehidupan.
Perilaku manusia diukur baik buruknya sesuai Quran dan Hadits,sehingga bisa diatur tingkah lakunya supaya tidak timbulkan kerusakan
Jelaslah bagi yang tidak mau ikuti tuntunanNya artinya kan sulit diatur,seperti burung yg lepas dari sangkarnya
Bila "alat" pengukurnya tepat maka berhasillah hidupnya,bila acuannya salah maka merana hidupnya di dunia akhirat.
Agung Nugroho Susanto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar