banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 15 Maret 2017

Inilah Cara Mudah Dikejar-kejar Pelanggan!

Inilah Cara Mudah Dikejar-kejar Pelanggan!
Suatu waktu sepasang pengantin baru berwisata dan menginap disebuah Penginapan. Manajemen penginapan yang ketahui tamunya sedang berbulan madu inisiatif berikan surprise berupa cake disertai kartu ucapan selamat serta doa atas pernikahannya. Sontak tamu terkesan dan happy.
Dilain kesempatan satu keluarga menginap di penginapan yang sama untuk hadiri acara wisuda salah satu anggota keluarga. Kembali manajemen inisiatif berikan surprise satu buket bunga dan kartu ucapan untuk yang berwisuda. Kembali sontak tamu sangat berkesan.
Kedua cerita diatas adalah kisah nyata layanan kami di Simply Homy Guest House. Kami menyebutnya sebagai WoW Service!
Suatu pelayanan yang WOW bikin customer surprise dan happy karena tidak terbayang dapat layanan seperti itu. Pakar pemasaran Kotler dan Hermawan sarankan para pebisnis jalankan tiga langkah berikut: Get Your Customers, Keep Them and Grow Them. Cara terbaik untuk menjaga customer adalah dengan terus menerus gali kebutuhannya (needs), dan berusaha penuhi lebihi ekspektasinya.
Mengapa sangat penting bagi pebisnis menjaga customer? Seorang pakar customer satisfaction F. Reichheld temukan, bahwasanya biaya yang diperlukan untuk menjaga dan puaska customer yang sudah ada, 5 -10 kali lebih murah dibandingkan biaya yang diperlukan untuk dapatkan customer baru. Jadi kita jangan hanya fokus pada proses daptkan konsumen baru tapi jangan lupa untuk pelihara/jaga customer yang ada supaya tetap loyal.
Nabi Muhammad SAW sebagai the Most Profitable Businessman sebelum masa kenabiannya, telah terapkan konsep Customer Satisfaction ini. Seperti diriwayatkan oleh Hakim, bahwasanya Rabi' ibn Badr pernah melakukan kerja sama dagang dengan Nabi. Pada suatu waktu Rabi' menemui beliau SAW, lalu Nabi bertanya, “Apakah Anda mengenali saya? Ia menjawab, “Iya, Anda pernah menjadi mitra saya dan mitra yang paling baik pula (The Best Partner). Engkau tidak pernah menipu saya dan tidak pernah berselisih dengan saya.” Hal ini juga ditegaskan oleh Saib ibn Ali Saib bahwasanya Muhammad adalah mitranya dalam berdagang dan selalu lurus dalam perhitungan-perhitungan dagang.
Ketika penipuan, pengurangan takaran, persengketaan jadi suatu hal yang lazim dalam praktek bisnis jahiliyah masa itu, tetapi, subhanallah, Nabi SAW, telah melakukan praktek bisnis yang luar biasa berbeda dari pebisnis lain. 
Beliau lakukan praktek bisnis dengan penuh kejujuran, berusaha pahami kebutuhan konsumen dan penuhi kebutuhan mereka dengan kualitas pelayanan yang luar biasa. Sehingga customer merasa aman dari penipuan/ kecurangan dan merasa yakin dapatkan produk dan pelayanan dengan kualitas terbaik. 
Customer yang puas sampai level WOW akan jadi customer yang loyal, dan mereka secara sukarela jadi Brand Ambassador brand anda. Mereka akan rekomendasikan produk/merek anda agar digunakan oleh orang lain. 
The Nielsen Company perusahaan riset terbesar di dunia pun temukan faktor terpenting yang sebabkan seseorang bersedia gunakan suatu produk adalah adanya rekomendasi dari orang yang dipercaya (78 persen).
Ini juga adalah rahasia bagi anda yang terkendala permodalan dalam bisnis. Semakin anda jadi pribadi terpercaya, maka semakin banyak orang yang ramai-ramai ingin bekerjasama bisnis dengan anda termasuk berikan modalnya. Hal ini saya ulas secara lengkap dalam buku baru saya berjudul "Jurus Buka Ratusan Cabang Tanpa Riba".
Salam Sukses Berkah Berlimpah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar