banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 15 Maret 2017

Ketahui akhlak dengan safar




Inilah dia cara ketahui akhlak seseorang sebelum anda berpartner bisnis!

Umar Bin Khattab memberikan parameter untuk menilai bagaimana akhlak seseorang.

Pernah ada seseorang yang memberikan persaksian di hadapan Umar bin Al-Khathab, maka Umar pun berkata, "Aku tidak mengenalmu, dan tidak me-mudharat-kan engkau meskipun aku tidak mengenalmu.

Datangkanlah orang yang mengenalmu.” Maka ada seseorang dari para hadirin yang berkata, “Aku mengenalnya, wahai Amirul Mukminin.”
Umar berkata, “Dengan apa engkau mengenalnya?” Orang itu berkata, “Dengan keshalihan dan keutamaannya.” 

Umar berkata, “Apakah dia adalah tetangga dekatmu, yang engkau mengetahui kondisinya di malam hari dan di siang hari serta datang dan perginya?”
“Tidak.” “Apakah dia pernah bermuamalah denganmu berkaitan dengan dirham dan dinar, yang keduanya merupakan indikasi sikap wara’ (berhati-hati) seseorang?” tanya Umar lagi.
“Tidak.”


 Umar berkata lagi:
فَرَفِيْقُكَ فِي السَّفَرِ الَّذِي يُسْتَدَلُّ بِهِ عَلَى مَكَارِمِ الأَخْلاَقِ؟
 "Apakah dia pernah menemanimu dalam safar, yang safar merupakan indikasi mulianya akhlak seseorang?” Orang itu berkata, “Tidak.” Umar menimpali, “Jika demikian engkau tidak mengenalnya.” (Irwaul Ghalil 8/260 no 2637)

Sungguh benar perkataan Umar, safar dan muamalah merupakan pengungkap akhlak seseorang. 
Betapa banyak orang yang nampaknya mulia dan berakhlak baik namun tatkala bermuamalah terlihat keserakahan, ego, tak amanah dan sebagainya. 

Dapat juga ketika ber-safar bersamanya dalam waktu yang lama dan jarak perjalanan yang jauh, tatkala kita berhadapan dengan kesulitan dan butuh akan pengorbanan, maka nampak akhlak sebenarnya, akhlak yg buruk akan terlihat jelas. Begitupun akhlak yang baik, akan mudah terlihat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar