banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 15 Maret 2017

NIAT ITU MENGUATKAN

NIAT ITU MENGUATKAN
Sabda Nabi SAW “Setiap amalan itu dengan niat.” (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)
Rasulullah n bersabda:
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
“Hanyalah amalan-amalan itu tergantung dengan niatnya dan setiap orang mendapatkan apa yang dia niatkan….”
(Sahih, HR. al-Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907)
Sering kita dengar bahwa setiap kerjakan sesuatu harus diawali dengan niat. Kadang kala kita dalam hidup sering kali dapatkan cobaan atau halangan yang buat diri jadi goyah / patah arang.
Kuncinya adalah dengan niat yang mantap sejak awal. Pastikan Niat kita adalah untuk kebaikan,karena Allah SWT semata. InsyaAllah dengan niat yang benar dan kuat sejak awal, maka jalan apapun yang dihadapi walau berupa kerikil bahkan batu terjal sekalipun jadi terasa ringan untuk dilewati, karena diri sudah siap dan mantap untuk tujuan kebaikan/kemuliaan.
Yang harus digarisbawahi Baik disini adalah baik yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan As Sunnah (Hadits), bisa jadi niat yang menurut kita baik belum tentu baik dimata Allah SWT, untuk itu pastikan baik menurut apa yang diturunkan-Nya.
Contoh sederhana bahwa niat menguatkan:
Saat berpuasa, diwajibkan untuk niat terlebih dahulu. Entah kenapa saat berniat berpuasa pada saat sahur maka tubuh dengan sendirinya sesuaikan, sehingga saat siang hari pun tidak terasa lapar atau lemas yang berlebihan. Berbeda saat sedang tidak berpuasa (tidak berniat puasa) walau dipagi hari sudah sarapan, namun saat siang hari telat makan sedikit saja maka tubuh langsung terasa lemas bahkan seakan mau pingsan lemas lunglai tidak berenergi. Inilah yang dimaksud niat itu menguatkan. 
Kesimpulannya salah satu cara raih kesuksesan dalam hidup adalah dengan NIATKAN segala sesuatu untuk kebaikan dan hanya untuk mengharap ridho kepada Allah SWT setiap kali hendak lakukan sesuatu. 
Ketika hadapi halangan rintangan mantapkan kembali niat tersebut. Terus lakukan niatkan karena Allah SWT semata, dan InsyaAllah jika terus konsisten niscaya puncak anak tangga yang jadi tujuan bisa tercapai. Tentunya diiringi dengan ikhtiar yang maksimal, serta dijalankan sesuai kaidah syara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar