banyak memberi banyak menerima

banyak memberi banyak menerima

Rabu, 15 Maret 2017

UNMARKETING

Pentingnya Hospitality

Beberapa waktu lalu saya baca buku berjudul UNMARKETING yang isinya secara garis besar supaya kita kedepankan kegiatan layanan pelanggan. Daripada terus-terusan lakukan marketing dengan mencari pelanggan baru, juga seharusnya konsen di layanan pelanggan. 

Karena inilah marketing sesungguhnya yang sebabkan kepuasan serta berujung rekomendasi.

Kegiatan layanan ini erat kaitannya dengan ramah tamah menerima tamu. Atau dalam dunia perhotelan biasa disebut hospitality.

Hospitalitas adalah terjemahan dari kata benda Latin hospitium (atau kata sifatnya hospitalis), yang berasal dari hospes, yang artinya “tamu” atau “tuan rumah”. Konsep ini juga dipengaruhi oleh kata Yunani xenos, yang menunjuk kepada orang asing yang menerima sambutan atau yang melakukan penyambutan terhadap orang lain. (Michele Hershberger)

Jadi HOSPITALITY INDUSTRY dapat diartikan sebagai: segala macam industri yang mempunyai kegiatan yang berhubungan dengan keramah-tamahan, pelayanan dan hiburan untuk para tamu.
Saya kira seluruh industri yang berhubungan dengan pelanggan (tidak hanya hotel) harus merencanakan kegiatan hospitality dengan baik. Supaya pelanggan makin puas dan berikan rekomendasinya.
Pengalaman saya di Singapur yang saya rasakan setelah kesekian kali kesini, rasanya harus terus belajar tentang hospitality ke Indonesia yang memang tradisi keramahan melekat di kehidupan sehari-hari.

Mungkin anda lebih miliki modal untuk jalankan kegiatan hospitality dengan baik. Manfaatkan kelebihan ini dalam bisnis anda, hingga pelanggan berkata WOW!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar